Berapa Gaji Pilot? Ternyata Fantastis Banget Loh!

Berapa Gaji Pilot? Ternyata Fantastis Banget Loh!

berapa gaji pilot

Banyak yang bermimpi menjadi seorang pilot ketika masih kecil. Biasanya didorong beberapa alasan, mulai dari minat, profesi keren, suka berpergian menggunakan pesawat. Diluar itu semua, tidak sedikit orang bertanya-tanya mengenai berapa gaji pilot dan pramugari?

Berbicara gaji fantastis profesi pilot tentu sebanding dengan tanggung jawab dan resiko yang diemban saat menerbangkan pesawat.

Bayangkan saja berapa banyak nyawa berada ditangan pilot selama mengendarai pesawat. Sekali salah bertindak akan berakibat fatal misalnya kecelakaan penerbangan.

Gaji dari profesi paling mengudara ini cukup menjanjikan. Mulai dari gaji pokok, tunjangan, hingga jenjang karir. Faktanya tidak semua pilot di Indonesia menerima gaji setara.

Beberapa maskapai penerbangan menggaji lebih tinggi. Dapat diperoleh dari jam terbang dan pengalaman pilot.

Nah, supaya tidak makin penasaran berapa pundi-pundi gaji profesi mengudara ini simak ulasan berikut ini. Ada beberapa maskapai penerbangan dalam negeri hingga yang mendunia. Cek fakta gaji profesi pilot berikut ini!

1. Gaji Pilot Maskapai Lion Air

berapa gaji pilot
(foto: instagram/sydney_pilot)

Lion Air merupakan maskapai penerbangan dalam negeri yang mengharuskan para kandidat pilot telah menjalani pendidikan selama 14 bulan.

Biasanya kandidat berasal dari sekolah penerbangan khusus, dimana program pendidikan juga besutan dari PT. Lion Air Group sendiri. Calon pilot Lion Air juga wajib memiliki Commercial Pilot License berupa sertifikat.

Pola karir yang ditawarkan Lion Air mulai dari tingkat Kadet/Ab-Initio, Fom, Captain, dan Instructor. Gaji pilot Lion Air berkisaran Rp. 45 juta per bulannya. Sementara, gaji rata-rata co-pilot sekitar Rp. 35 juta per bulan.

Besaran gaji pilot dan co-pilot ini belum termasuk tunjangan lain. Misalnya, flight allowance dengan besaran mencapai Rp. 10 juta per bulan.

Baca  Sekolah Pilot di Indonesia Incaran Lulusan SMA

Tahukah kamu flight allowance merupakan hitungan berapa gaji pilot perjam? dihitung ketika mengudara.  Maskapai ini menghargai fligh allowance senilai Rp. 60 ribu sampai Rp. 100 ribu per jamnya.

Jika dihitung, dalam waktu satu bulan seorang pilot senior di Lion Air dapat menyelesaikan 80 jam terbang. Belum lagi insentif bonus dan tunjangan hari raya dengan besaran sampai 3 kali lipat dari gaji pokok pilot.

Menyoal perekrutan pilot, faktanya Lion Air Group lebih menyukai pilot dengan lulusan sekolah pilot luar negeri. Karena anggapan gaji yang dibayarkan kompetitif. Sebanding dengan masa kerja dan pengalaman yang dimiliki sang pilot.

2. Gaji Seorang Pilot Maskapai Garuda Indonesia

berapa gaji pilot
(foto: instagram/randylawalata)

Siapa yang tidak mengenal maskapai kebanggaan Indonesia. Ya, PT. Garuda Indonesia selalu memberikan kesan tersendiri dan menjadi armada penerbangan terbesar asli Indonesia.

Hal ini juga menyebabkan banyak yang mempertanyakan berapa gaji pilot Garuda yang masih minim jam penerbangan dan pilot senior. Ternyata pembagiannya seperti berikut ini.

1. Junior Pilot

Tentunya pilot junior cukup menyita perhatian, terutama pengalaman terbilang masih seumur jagung. Maskapai kelas atas di Indonesia ini rupanya memberikan gaji pilot Garuda maupun co-pilot cukup tinggi.

Tahun pertama penerbangan, seorang pilot garuda yang masih junior memperoleh gaji utama berikut tunjangan. Besaran kisaran gaji per bulan dikisaran Rp. 60 juta.

Namun, nominal ini tidak termasuk fligh allowance dan intensif profesi. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jam terbang maka gaji yang didapat akan semakin banyak.

2. Senior Pilot

Pilot Garuda Indonesia senior tentunya menerima besaran gaji berbeda dari junior. Terutama jam terbang yang telah dilalui dan pengalaman bertahun-tahun.

Seorang senior pilot menerima besaran gaji utama dikisaran Rp.100 juta hingga Rp.150 juta per bulan. Gaji tersebut diluar tunjangan, intensif, iuran pensiun, bpjs kesehatan, dan fasilitas finansial yang didapat.

3. Gaji Pilot Maskapai Citilink

berapa gaji pilot
(foto: instagram/adamphotograpid)

Maskapai Citilink dikatakan sebagai salah satu penerbangan terbaik dari Indonesia. Rute penerbangan Citilink tidak hanya dalam negeri, ada juga beberapa rute internasional.

Baca  Cari Sekolah Pilot di Jakarta? Baca Dulu yang Satu Ini

Banyak informasi beredar mengenai maskapai ini yang membuka lowongan setiap tahun. Adapun gaji pokok yang diiming-imingi bagi kapten pilot Citilink berkisaran Rp. 48 juta per bulan.

Sementara, untuk gaji co-pilot yang mendampingi kapten selama penerbangan sekitar Rp. 30 juta sampai Rp. 40 juta per bulan.

Gaji ini masih diluar intensif, flight allowance, bpjs kesehatan dan tunjangan kerja lain. Sedangkan, bagi pilot pemula bakal memperoleh gaji utama antara Rp. 15 juta sampai Rp. 20 juta per bulan. Seiring bertambahnya jam terbang maka gaji bulanan pun semakin tinggi.

4. Gaji Pilot Maskapai Air Asia

(foto: instagram/airasia_bhsindonesia)

Siapa yang tak mengenal maskapai Air Asia International asal Malaysia ini. Tarif satu kali terbang di rute tertentu dibandrol dengan harga miring.

Kini, maskapai penerbangan bersemboyan ‘Everyone can fly’ berhasil merajai pasar asia pasifik dan telah mendunia. Home base Air Asia di Indonesia bertempat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Gaji pilot pesawat dengan jenis airbus ini sekitar Rp. 35,9 juta per bulannya. Itu hanya gaji pokok, belum termasuk intensif, tunjangan, dan flight allowance.

Nominal flight allowance pilot Air Asia sebesar Rp. 60 ribu per jamnya. Dalam waktu satu hari jam terbang para pilot mencapai 6 jam.  Apabila dijumlahkan gaji pilot yang diterima setiap bulan disinyalir tembus Rp 86 juta keatas.

5. Gaji Pilot Maskapai Emirates

(foto: instagram/samchui)

Maskapai penerbangan milik Uni Emirat Arab, Emirates Airlines tergolong elit. Mulai dari pelayanan, fasilitas pesawat, dan harga satu kali menempuh rute cukup tinggi.

Rupanya, Emirates juga menggaji para pilot dengan nominal menggiurkan. Pilot pesawat Airbus A380 Emirates dan jenis Boeing B777 memperoleh gaji sebesar 16.013 USD. Jika dikurs dalam rupiah kisaran gaji sekitar Rp. 241 juta per bulan.

Belum lagi berbagai fasilitas didapatkan selama bertugas. Oh iya, gaji tersebut tidak termasuk flight allowance, tunjangan, dan uang intensif pilot.

Berapa Gaji Pilot di Maskapai Negara Tetangga?

(foto: instagram/singaporeair)

Malaysia dan Singapura merupakan negara tetangga yang secara geografis paling dekat. Masing-masing negara ini juga memeiliki maskapai plat merah. Gaji pilot pada maskapai di bawah ini ditawarkan cukup fantastis.

Baca  Syarat Menjadi Pilot Di Indonesia Itu Ribet Loh!

1. Singapore Airlines

Singapore Airlines memberikan gaji yang tidak tanggung-tanggung.

Bagi pilot junior menerima gaji bulanan 5000 USD atau setara dengan Rp. 75,5 juta. Belum termasuk flight allowance, intensif, dan tunjangan lainnya.

Sedangkan, berapa gaji pilot perbulan untuk kategori senior pilot Singapore Airlines sekitar USD 9000. Apabila dihitung dalam kurs rupiah sekitar Rp.135 juta untuk pilot senior atau seorang kapten.

Baik pilot junior maupun senior akan memperoleh tunjangan 30 persen dari gaji pokok.

2. Malaysia Airlines

Maskapai Malaysia Airlines menggaji seorang pilot junior dengan nominal RM 35.000. Sekitar Rp. 126 juta per bulan apabila diubah kurs dalam rupiah.

Bagi pilot senior dengan gaji RM 50.000 atau kurang lebih Rp.181 juta tergolong tinggi di luar negeri. Nominal tersebut diluar flight allowance, intensif profesi, dan uang tunjangan lainnya.

Wah, ternyata varian gaji pilot senior, pilot junior, hingga co-pilot sangat menggiurkan. Terlebih lagi dilihat nominalnya jutaan per bulan.

siswa fliteline aviation indonesia
siswa fliteline aviation indonesia saat akan terbang

Jika dipikir-pikir memang profesi pilot sangat tinggi tanggung jawab dan banyak diminati di dunia.

Seorang pilot juga harus menguasai segala kondisi cuaca, rute, pedoman media siber, hingga tanda-tanda dalam dunia penerbangan.

Syarat terpenting menjadi pilot yakni harus menempuh sekolah pilot khusus.

Kini, banyak bertebaran sekolah pilot yang menjanjikan dengan segudang persyaratan. Faktanya untuk menempuh pendidikan pilot tidak sesulit anggapan masyarakat pada umumnya.

Langkah awal paling tepat yakni menemukan sekolah pilot terpercaya dan profesional. Oleh karenanya kami dari Fliteline Aviation Indonesia. hadir untuk membantu mewujudkan impian kalian.

Segera hubungi kontak Whatsapp ke nomor 0895 6187 41283. Agar memperoleh informasi tentang kami dan berita terkait sekolah pilot. Langsung kunjungi kantor kami di Jln. Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia.

Percayakan kepada kami untuk membantu mewujudkan impian mu!

Leave a Comment

fliteline aviation indonesia
HUBUNGI KAMI
  • Lokasi

KANTOR : Jl. Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia

BASE : Fliteline Hangar, Plaridel Airport, Bulacan, Philipines

  • Kontak

Whatsapp : 0895 6187 41283

  • Email
Pembayaran
LISENSI
asuransi
asuransi
Copyright 2020 All rights Reserved. Developed By Sekolah Pilot Filipina
×