Biaya Sekolah Pilot 2020 Mahal? Don’t Worry

Biaya Sekolah Pilot 2020 Mahal? Don’t Worry

biaya sekolah pilot

Pilot adalah salah satu profesi yang diidamkan banyak orang dan menjadi profesi favorit. Banyak alasan kenapa pilot jadi profesi favorit, namun biaya sekolah pilot di Indonesia tidaklah murah walaupun pemerintah contohnya curug, garuda atau bifa

Kedua, ini alasan yang paling banyak bikin orang mau jadi pilot, yaitu gajinya yang besar. Walaupun biaya sekolah pilot mahal namun ketika bekerja gajinya bisa 1M/tahun loh seperti garuda.

Jadi nggak heran kalau kemudian profesi pilot ini banyak diminati orang.

Tapi meskipun menjadi idaman, banyak orang yang ragu buat menggeluti profesi pilot. Kenapa? Tak lain karena biaya sekolah pilot seperti curug atau bifa yang sangat mahal.

Jadi orang akhirnya mikir-mikir lagi buat sekolah pilot dan menggeluti profesi pilot.

Tapi jangan bingung dulu, jangan juga langsung membatalkan keinginan buat masuk sekolah pilot. Simak dulu pembahasan di bawah ini, yuk!

1. Berapa Rata-Rata Biaya Sekolah Pilot?

Sebenarnya biaya sekolah pilot itu beragam contohnya biaya sekolah pilot curug atau bifa, namun kembali lagi ke sekolah atau lembaganya.

Sekolah pilot sendiri ada yang dikelola pemerintah, dan ada juga yang dikelola swasta.

Dan untuk jumlah sekolahnya sendiri lebih banyak sekolah pilot swasta.

biaya sekolah pilot terus naik
Biaya sekolah pilot curug atau bifa setiap tahunnya pasti naik

Idealnya memang sekolah pilot yang dikelola pemerintah biayanya lebih murah dibanding swasta. Tapi sekarang beberapa sekolah pilot pemerintah yang di Indonesia mulai menghapuskan dana bantuan untuk biaya sekolah pilot curug.

Jadi kalau dihitung-hitung ya tidak begitu beda biayanya dengan sekolah pilot swasta.

Jam Terbang

Selain itu, yang juga membedakan biaya sekolah pilot adalah jam terbang yang ditawarkan.

Ada sekolah pilot yang menawarkan program 160 jam terbang. Ada juga yang memiliki program 220 jam terbang.

Tentunya semakin banyak jam terbang, maka biaya sekolah pilot 2020 akan semakin tinggi apalagi di curug atau bifa juga, lalu kamu pun butuh pendidikan dan melakukan latihan lebih.

Dengan begitu, diperlukan juga tenaga pengajar dan fasilitas belajar yang lebih banyak.

Kalau dirata-rata, biaya sekolah pilot 2020 sekitar Rp 500 juta sampai Rp 1,2 milyar untuk sepanjang masa pendidikan. Seperti yang dibilang sebelumnya, ini kembali lagi pada kebijakan sekolah pilot seperti curug atau bifa.

Dan juga berapa jam terbang yang ada dalam program pendidikannya.

Jika saat ini biaya sekolah pilot 2020 segitu bagaimana dengan nanti?

Dan ya, itu hanya biaya pendidikannya saja. Belum termasuk biaya-biaya lain yang juga perlu kamu pikirkan selama masa pendidikan kamu.

2. Pelatihan dan Fasilitas

Hal lain yang juga membuat biaya sekolah pilot 2020 mahal adalah pelatihan yang diberikan sepanjang masa pendidikan.

Untuk pelatihan di sekolah pilot, dibutuhkan peralatan dan fasilitas yang memadai.

Supaya para calon pilot benar-benar terlatih untuk bisa terbang nantinya.

Latihan awal para calon pilot memang menggunakan alat simulasi. Tapi nggak mungkin kan selamanya hanya latihan pakai alat simulasi atau simulator? Pasti harus latihan pakai pesawat sungguhan, karena kan nanti mereka harus menerbangkan pesawat sungguhan.

Harga Pesawat Mahal

Nah, pengadaan pesawat untuk latihan para calon pilot itu membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Kalau harga mobil saja sudah mahal, apalagi harga pesawat, kan? Jadi nggak heran kalau biaya sekolah pilot 2020 itu mahal.

Sekedar informasi mendatangkan satu pesawat itu membutuhkan setidaknya paling murah $ 100,000

Baca  Cari Sekolah Pilot di Jakarta? Baca Dulu yang Satu Ini
pesawat mahal sehingga biaya sekolah pilot terus naik
Harga di pesawat di dealer bekas

Masih seputar pesawat yang digunakan untuk belajar di sekolah pilot, dimana pesawat-pesawat itu butuh bahan bakar. Kamu nggak mungkin bisa belajar menerbangkan pesawat yang nggak ada bahan bakarnya, kan?

Bahan Bakar Pesawat Naik Terus

Nah, bahan bakar pesawat itu namanya avtur dan harganya sekarang hampir mencapai Rp 10.000 /liter (data tahun 2017).

Kalau satu pesawat rata-rata butuh lebih dari 40 galon, dimana satu galonnya adalah 3,7 liter, berapa total yang dibutuhkan buat memenuhi kebutuhan avtur satu pesawat?

Harga bahan bakar pesawat setiap tahun mengalami kenaikan

Bisa sampai Rp 1,5 juta – 2.5jt per jam (tergantung nilai kurs) buat bahan bahar pesawat latihan kamu saja. Baru bahan bakar lho itu. Padahal bukan cuma harus mengadakan, sekolah pilot juga perlu mengeluarkan dana buat merawat pesawat-pesawat itu.

Belum lagi oli yang harus diganti dalam setiap penerbangan, yang biayanya pun tidak sedikit.

Lagi-lagi bandingkan sama mobil, deh. Mobil mewah saja kan butuh perawatan selangit, apalagi pesawat yang jauh lebih mahal? Bisa kebayang kan berapa perawatan yang harus keluar?

3. Lama Pendidikan Sekolah Pilot

Di sekolah pilot juga ada tahapan mendapatkan lisensi atau izin yang harus ditempuh oleh para calon pilot.

Mulai dari lisensi Private Pilot License (PPL), Comercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR), sampai lisensi MER.

pilot license philipines

Lisensi-lisensi ini yang nantinya akan menjadi bekal para calon pilot meningkatkan kualifikasi sebelum menjadi pilot sungguhan. Semakin banyak lisensi yang kamu miliki, semakin tinggi kualifikasi kamu.

Berarti semakin besar juga peluang kamu mendapatkan pekerjaan di tempat yang bagus.

Mendapatkan Lisensi Perlu Jam Terbang Cukup

Untuk mendapatkan lisensi-lisensi ini, ada jam terbang yang harus dipenuhi.

Ada juga syarat-syarat lainnya yang harus dilengkapi. Bertambahnya jam terbang berarti waktu pendidikan kamu juga akan semakin panjang.

Nah, waktu pendidikan yang semakin panjang berarti biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak. Hal inilah yang juga membuat biaya sekolah pilot 2020 terlihat mahal.

Karena memang ada program-program pendidikan yang harus kamu tempuh demi meningkatkan kualifikasi diri.

4. Biaya Lain Selain Biaya Sekolah Pilot

Sama seperti sekolah lainnya, ada hal-hal lain yang harus dipikirkan selain biaya pendidikan. Begitu juga dengan sekolah pilot.

Ada biaya-biaya lain yang harus kamu, dan orangtua kamu, pikirkan dari sekarang.

Pertama, biaya tempat tinggal selama kamu belajar. Ini penting banget, terutama buat kamu yang memutuskan buat sekolah pilot jauh dari rumah. Kamu perlu mencari dimana tempat tinggal kamu selama belajar, dan ini tentu butuh biaya.

Makan Harus Begizi Jika Mau Jadi Pilot

Kedua, biaya akomodasi, sekolah pilot itu kan biasanya bertempat di lokasi yang ada lapangan terbangnya, dan itu agak jauh dari pemukiman warga.

Jadi kamu akan butuh biaya buat akomodasi kamu berangkat dan pulang ke sekolah pilot.

Ketiga, biaya makan. Kamu pasti butuh makan selama belajar di sekolah pilot, kan? Apalagi buat jadi pilot yang handal, kamu juga harus punya fisik yang kuat. Jadi makanan kamu juga nggak boleh sembarangan, harus dijaga dengan baik.

sebagai seorang pilot harus memiliki pola hidup sehat

Nah jadi kalau dihitung-hitung lagi, total biaya yang dibutuhkan biar kamu bisa belajar dengan baik di sekolah pilot besar banget, dong? Terus gimana bisa belajar dengan tenang kalau banyak biaya yang harus dibayar?

Tenang, tenang. Semua ada jalan keluarnya, kok. Kamu baca dulu tulisan ini sampai akhir, ya.

5. Meski Mahal, Gaji yang Didapat Juga Besar

Meskipun biaya sekolah pilot 2020 mahal, tapi gaji yang didapat dari profesi pilot juga besar.

Seperti yang dibahas di awal, banyak orang yang kemudian tertarik menjadi pilot karena gaji yang dijanjikan. Jadi bisa dibilang apa yang dikeluarkan sebanding dengan yang akan didapat nanti.

Gaji pilot sendiri bervariasi dan tergantung dengan berbagai faktor. Seperti lisensi yang dimiliki, lamanya pengalaman kerja, hingga maskapai tempat bekerja seperti garuda walaupun biaya sekolah pilot mahal. Semakin banyak lisensi yang dimiliki atau semakin lama berpengalaman jadi pilot, maka gaji yang didapat juga semakin besar.

Baca  Gaji Pilot Garuda Kalahkan Gaji Presiden Wow!

Namun jika dirata-rata, gaji profesi pilot sebulannya bisa sekitar Rp 40 – 50 juta. Bahkan di beberapa maskapai ternama seperti garuda dan tingkat internasional, seorang pilot junior bisa mengantongi Rp 60 juta tiap bulannya masih berfikir biaya sekolah pilot mahal.

Dan untuk pilot senior bisa mencapai di angka Rp 150 juta per-bulan! Angka yang fantastis, kan?

pilot merupakan profesi dengan penghasilan tertinggi di dunia

Masa Depan Pilot Cerah

Bukan cuma gaji, banyak benefit lain yang didapat dari profesi pilot.

Sebut saja tunjangan kesehatan, asuransi kecelakaan, penghargaan masa kerja, hingga pensiunan. Bukan cuma untuk pilot, tapi juga untuk keluarga pilot jika terjadi apa-apa dengan sang pilot.

Jadi dengan besaran gaji dan benefit yang didapat, nggak sia-sia biaya yang dikeluarkan untuk sekolah pilot, kan? Biaya-biaya yang terlihat besar di awal itu nantinya bisa terganti saat kamu sudah bekerja menjadi pilot. Bahkan mendapat angka dan benefit yang lebih besar.

6. Tapi, Gimana Kalau Nggak Dapat Kerja?

Oke, ini salah satu fakta tidak mengenakkan yang juga perlu untuk diketahui.

Tidak semua orang lulusan sekolah pilot langsung mendapat kerja dan bisa jadi pilot. Banyak juga lulusan sekolah pilot yang menganggur.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja ada berbagai alasan kenapa bisa calon pilot malah banyak yang menganggur. Tapi alasan utamanya ada dua.

Pertama, jumlah lulusan sekolah pilot banyak dan tidak berbanding dengan daya serap yang ada, namun informasi ini pun bisa terbantahkan karena sebenarnya airlines selalu membutuhkan pilot namun kebanyakan tidak memenuhi standart mereka.

maskapai selalu membutuhkan pilot baru setiap tahunnya selalu meningkat

 Untuk itu, para calon pilot perlu meningkatkan kompetensi diri mereka agar dapat bersaing. Salah satunya adalah dengan memperbanyak lisensi terbang semaksimal mungkin.

Dan kedua, para calon pilot itu masuk ke sekolah pilot yang tidak memberikan jaminan kerja. Untuk menghindari hal ini, solusinya adalah mendaftar ke sekolah pilot yang tepat.

Yaitu yang memiliki program penempatan kerja setelah kamu lulus nanti, seperti Fliteline Aviation Indonesia.

7. Di Fliteline Aviation Indonesia, Kamu Nggak Akan Menganggur

Fliteline Aviation Indonesia memiliki program yang bikin kamu tenang, yaitu program jaminan kerja.

Selepas kamu menyelesaikan pendidikan, kamu akan mendapat penempatan kerja. Jadi jauh-jauh deh nganggur dan malu sama tetangga, kamu pasti akan jadi pilot beneran begitu lulus.

Program Jaminan Kerja

Untuk penempatan kerjanya sendiri kamu nggak usah khawatir bakal ditempatkan di maskapai aneh-aneh.

Fliteline Aviation Indonesia akan memberikan kamu kesempatan bekerja, yang tidak di dapatkan di sekolah pilot mana pun.

siswa sekolah pilot fliteline aviation indonesia

Supaya kamu bisa siap diserap di maskapai terbaik, Fliteline Aviation Indonesia memberikan pendidikan yang terbaik juga. Kamu akan dibekali ilmu dan pelatihan supaya bisa mendapatkan berbagai lisensi yang dibutuhkan.

Dengan begitu, kamu akan jadi pilot berkualitas dan siap bekerja di maskapai manapun.

Kalau ada jaminan kerja begini, biaya sekolah pilot 2020 yang kamu keluarkan nggak percuma, kan?

Kamu juga bisa lebih tenang belajar dan berlatih supaya jadi pilot handal. Nggak usah lagi pusing-pusing mikirin nanti mau kerja dimana setelah lulus.

8. Terus Berapa Biaya Sekolah Pilot 2020 Fliteline Aviation Indonesia?

Dari segi angka, biaya sekolah pilot 2020 di Fliteline Aviation Indonesia nggak begitu berbeda dengan angka-angka yang disebut di bagian awal.

Namun biaya sekolah pilot 2020 di Fliteline Aviation Indonesia bisa di katakan lebih murah dibanding sekolah pilot yang sudah ada saat ini berkisar pada angka $50.000 (sekitar Rp 700 juta) sampai $65.000 (sekitar Rp 1 milyar)

Mungkin kamu jadi bertanya-tanya, “Lho, kalau gitu sama saja dong dengan sekolah pilot yang lain?”

Eits, tunggu dulu. Penjelasannya belum selesai sampai situ, kok. Yang membedakan Fliteline Aviation Indonesia dengan sekolah pilot lainnya adalah apa saja yang didapat dari biaya yang dikeluarkan itu.

sekolah pilot fliteline aviation indonesia berbeda dengan sekolah lainnya

Fliteline Aviation Indonesia

Di Fliteline Aviation Indonesia, dari biaya yang dikeluarkan itu kamu sudah dapat semuanya.

Mulai dari pendidikan, pelatihan, sampai akomodasi. Biaya itu sudah termasuk juga dengan biaya visa, lisensi, dan tempat tinggal. Bahkan biaya makan halal kamu juga termasuk!

Baca  Sekolah Pilot Terbaik Untuk Gapai Cita-Citamu

Jadi, kurang mantap apa coba? Dengan angka yang kurang lebih sama dengan sekolah pilot lain, kamu bisa mendapatkan banyak hal.

Kalau di sekolah pilot lain kamu masih harus mikirin biaya-biaya tambahan buat mendukung belajar kamu, di Fliteline Aviation Indonesia kamu nggak usah pusing soal itu.

Kamu nggak usah lagi mikirin uang yang harus keluar buat cari tempat tinggal, mengurus visa, atau bahkan buat makan. Yang perlu kamu lakukan tinggal belajar dengan tenang dan sungguh-sungguh supaya jadi pilot yang handal.

Paket Jadi Pilot Siap Pakai

Untuk biaya $50.000, kamu akan mendapatkan lisensi Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrumen Rating (IR).

Di paket ini, program pendidikan yang akan didapat adalah 160 jam terbang.

Sedangkan untuk biaya $65.000, kamu akan mendapatkan lisensi Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrumen Rating (IR), dan Certified Fligth Intructor.

Di paket ini, program pendidikan yang akan didapat adalah 210 jam terbang.

Dan tentu saja, untuk kedua program tersebut sudah termasuk dengan semua biaya akomodasi yang dijelaskan diatas. Ini biaya sekolah pilot yang sangat worth it, apalagi kalau masuk garuda bukan?

Bahkan kalau dihitung-hitung, total biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah dibanding dengan sekolah pilot lainnya.

9. Fliteline Aviation Indonesia Didukung dengan Kualitas Terbaik

Meski biaya sekolah pilot di Fliteline Aviation Indonesia terhitung lebih murah, bukan berarti kualitasnya tidak diperhatikan.

Mulai dari fasilitas hingga tenaga pendidik, Fliteline Aviation Indonesia memberikan semuanya dengan kualitas terbaik.

Sekolah pilot Fliteline Aviation Indonesia berlokasi di Fliteline Hangar, Plaridel Airport, Bulaca. Lokasi ini bisa dibilang cukup terjangkau karena masih dekat dengan Manila.

Di sekolah pilot ini juga mudah akses untuk makanan halal, jadi bagi kamu yang muslim nggak perlu bingung soal mencari makan nanti karena sudah di persiapkan.

pesawat latih & bandara yang memadai untuk pelatihan para siswa fliteline aviation indonesia

Fliteline Aviation Indonesia memiliki lokasi yang memadai dengan lapangan terbangnya. Ada juga pesawat latih yang lengkap untuk program pendidikan dan pelatihan para calon pilot. Jadi disana kamu bisa berlatih dengan baik tanpa setengah-setengah, biar totalitas jadi pilotnya.

Instuktur Terbaik

Sedangkan tenaga pendidik di Fliteline Aviation Indonesia adalah para instruktur handal yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

Dari mereka, kamu akan mendapatkan ilmu dan pelatihan berharga untuk menjadi pilot yang berkualitas.

Masih dari segi kualitas, Fliteline Aviation Indonesia memiliki standar kualitas sesuai dengan Otoritas Penerbangan Inggris, Eropa, dan Amerika.

Standar kualitas internasional ini menjadi dasar Fliteline Aviation Indonesia dalam merancang program pendidikan dan pelatihan untuk para calon pilot.

10. Terakhir, Biaya Sekolah Bisa Dicicil!

Ini mungkin terdengar sangat baik di antara yang lain. Dengan semua pendidikan, pelatihan, lisensi, sampai hal-hal lain yang didapat dari biaya yang dikeluarkan, kamu masih mendapat kemudahan lain.

Semua biaya itu bisa dicicil selama masa pelatihan kamu! Hal ini tidak akan kamu temukan di sekolah manapun juga.

Memudahkan banget, kan? Membayar biaya sekolah pilot di Fliteline Aviation Indonesia berbeda dengan curug atau bifa, disini kamu sekolah tentu nggak begitu terasa berat dan berpeluang masuk garuda.

Dibanding dengan harus membayar angka tersebut langsung di awal, bikin pusing kamu dan orangtua kamu.

biaya sekolah pilot
cicilan biaya pendidikan yang flexibel sehingga memudahkan untuk menggapai cita-cita

Memang perkara biaya sering jadi hambatan buat orang masuk sekolah pilot. Biaya sekolah pilot di Indonesia yang sampai ratusan juta bahkan milyaran rupiah ini bikin orang berpikir dua kali buat jadi pilot.

Tapi sayang juga kan kalau harus melepaskan cita-cita dan harapan hidup lebih baik karena terbentur biaya?

Sekolah Pilot Bayar Fleksibel

Nah, sekarang kamu nggak perlu pusing apalagi melepas cita-cita buat jadi pilot. Biaya sekolah pilot di Fliteline Aviation Indonesia bisa dicicil jadi nggak begitu terasa berat.

Jadi, segera kasih tahu orangtua kamu soal informasi bagus ini, ya!

Kalau kamu dan orangtua kamu ingin tahu lebih lanjut tentang biaya sekolah pilot 2020 Fliteline Aviation Indonesia.

Bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp di 0895 6187 41283. Kamu juga bisa mengunjungi kantor kami yang bertempat di Jl. Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia.

Jangan ragu untuk menghubungi dan mengunjungi kami, ya!

Leave a Comment

fliteline aviation indonesia
HUBUNGI KAMI
  • Lokasi

KANTOR : Jl. Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia

BASE : Fliteline Hangar, Plaridel Airport, Bulacan, Philipines

  • Kontak

Whatsapp : 0895 6187 41283

  • Email
Pembayaran
LISENSI
asuransi
asuransi
Copyright 2020 All rights Reserved. Developed By Sekolah Pilot Filipina
×