Pangkat Pilot Bukan Sembarangan Tanda Di Pundak Loh!

Pangkat Pilot Bukan Sembarangan Tanda Di Pundak Loh!

pangkat pilot

Apa yang terbayangkan di benak kamu ketika mendengar profesi sebagai pilot dan menjadi pilot maskapai penerbangan? Tentu terbayang segala sesuatu yang menyenangkan. Mulai dari profesi yang keren, ganteng seperti Kapten Vincent, berwibawa dengan baju dan pangkat yang menempel di pundak seorang pilot atau pundak pilot, orang – orang pintar, dan tentunya pilot memiliki gaji yang tinggi.

Setiap kendaraan harus dikemudikan oleh seseorang yang pandai di bidangnya, begitu juga dengan pilot. Yang mana pilot adalah orang yang mengemudikan pesawat terbang. Untuk menjadi pilot, harus melalui ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan atau otoritas penerbangan.

Jika lulus ujian, barulah mendapatkan sertifikasi terbang atau ijazah penerbang. Hanya dengan ini, seorang pilot baru diperbolehkan menerbangkan pesawat terbang.

Pilot menjadi profesi yang diidam – idamkan banyak orang di Indonesia. Apalagi jika sudah membicarakan pangkat atau jenjang dalam profesi pilot. Seperti halnya TNI maupun POLRI, pilot juga memiliki jenjang yang dinyatakan dengan pangkat. Dan tentunya, pilot juga memiliki arti pangkat tersendiri di setiap garisnya.

pangkat pilot
Captain dan Second Officer dalam Ruang Kemudi

Berikut ini kita akan mengenal pangkat dalam pilot, yuk simak artikel ini sampai selesai, ya!

Jenis Pangkat Pilot dan Arti Pangkat

Pangkat pilot bisa dilihat di lengan baju atau pundak pilot, yang dinyatakan dengan bar kuning dan papan berwarna hitam. Sangat mencolok dipadukan dengan baju berwarna putih. Dimana, terdapat arti dari setiap pangkat bar yang dimiliki oleh pilot. Dan arti dari setiap bar garis ini menjelaskan kondisi yang berhubungan dengan pilot dan tanggung jawabnya di pesawat.

Untuk mengenal pangkat pilot sangatlah mudah, seperti jenis – jenis pangkat berikut ini.

Cadet Pilot / Tanda Pangkat Satu Bar

Bar yang dimiliki oleh cadet pilot adalah satu buah garis. Arti dari setiap bar pada cadet pilot ini digunakan untuk menunjukkan posisi trainee atau posisi ketiga. Biasanya digunakan untuk pilot maskapai penerbangan, tapi terkadang juga digunakan untuk peserta latihan penerbangan. Cadet Pilot biasanya adalah co-pilot yang baru lulus dari sekolah penerbangan.

Second Officer / Tanda Pangkat Dua Bar

Second Officer adalah co-pilot yang memiliki 150 jam terbang, terhitung sejak bergabung bersama suatu maskapai. Second Officer ditandai dengan dua bar garis pangkat di pundaknya.

Baca  Cari Sekolah Pilot di Jakarta? Baca Dulu yang Satu Ini

Second officer adalah karir pertama yang akan didapatkan dalam dunia penerbangan. Seorang second officer baru diizinkan menerbangkan pesawat kecil dengan pendampingan seorang captain, namun belum dapat menjadi pilot maskapai penerbangan seperti pilot Lion Air JT.

Untuk bisa naik menjadi first officer, harus menambah jam terbang serta mengambil lisensi sertifikasi tertentu.

First Officer / Tanda Pangkat Tiga Bar

Selanjutnya adalah First Officer yang memiliki tiga garis berwarna sama dengan captain. Tentunya, tiga garis ini mewakili arti dari setiap bar. Di pesawat, posisi First Officer berada di sebelah kanan pesawat. Untuk Junior First Officer memiliki dua tanda pangkat. Senior first officer dan junior first officer dibedakan berdasarkan pengalaman dan jam terbang yang dimiliki.

First officer juga dikenal sebagai co-pilot, yang memiliki lisensi ATPL dan MER. First officer ini duduk di ruang kemudi. Namun, first officer tidak dapat menerbangkan pesawat sendiri, harus dengan pendampingan captain. Tugas dari first officer sendiri adalah membantu captain dalam navigasi, serta bertanggung jawab menggantikan captain saat berhalangan.

Captain / Tanda Pangkat Empat Bar

Pilot dapat Seorang Wanita dan dapat Berhijab

Captain menduduki jenjang tertinggi dalam pilot, yang mana memiliki empat garis pangkat berwarna emas. Namun ada juga captain di beberapa maskapai di dunia yang menggunakan warna putih. Ketika berada di dalam pesawat, captain duduk disebelah kiri di dalam cockpit (ruang kemudi).

Dimana, captain dan first officer ini duduk dalam ruang kemudi.

Karena posisinya ini, captain juga sering disebut sebagai PIC atau Pilot in Command. Posisi ini menunjukkan kepemimpinan tertinggi di dalam pesawat.

Memegang jabatan tersebut memikul tanggung jawab yang tinggi, karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan ketika penerbangan, baik kepada penumpang, serta seluruh awak pesawat.

Karena, pihak yang disalahkan ketika terjadi kecelakaan pesawat pertama kali adalah pilot. Seperti pada peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT610, dimana pihak pertama yang diselidiki adalah captain atau pilot Lion.

Peristiwa jatuhnya pesawat tersebut masih menyisakan luka mendalam. Baik bagi keluarga korban Lion Air JT610, keluarga pilot Lion Air, serta keluarga besar perusahaan penerbangan.

Selain empat buah garis, beberapa maskapai juga menambahkan dekorasi tertentu untuk pangkat captain ini. Ada yang berupa bintang atau tanda berlian. Tentu bukanlah masalah, yang terpenting garis empat tetap menunjukkan pangkatnya sebagai captain.

Flight Engineer

Flight engineer juga menduduki peran penting di pesawat. Pangkat bar pilot posisi flight engineer ini ditandai dengan tiga garis di pundak seorang pilot, namun ada perbedaan dengan first officer.

Baca  Gaji Pilot Garuda Kalahkan Gaji Presiden Wow!

Dimana, flight engineer memiliki garis pangkat yang ditambah dengan bayangan berwarna ungu diantara garis pangkat pada seragam. Inilah mengapa penting bagi kita untuk mengenal pangkat pilot.

Di pesawat, seorang flight engineer tidak duduk disebelah captain ataupun first officer, melainkan duduk di belakang captain dan first officer. Ia tidak menerbangkan pesawat, tapi tugas utamanya adalah mengatur sistem pada pesawat.

Meski begitu, tugasnya pun tak kalah penting karena bertanggung jawab atas bekerjanya sistem pesawat dengan baik.

Cara Pilot Cepat Naik Pangkat

pilot pesawat terbang
Cara Pilot cepat Naik Pangkat

Untuk profesi pilot, supaya naik pangkat cenderung lebih cepat daripada TNI maupun POLRI. Karena, naiknya pangkat juga tergantung pada jam terbang. Semakin banyak jam terbang, tentu pangkat juga akan segera naik.

Selain jam terbang, supaya cepat naik pangkat, pilot juga harus memiliki sertifikat atau lisensi tertentu. Layaknya kendaraan bermotor lainnya yang harus memiliki lisensi atau ijin untuk mengendarainya.

Lisensi pilot ada bermacam – macam, dimana lisensi ini dapat diperoleh sekaligus atau secara bertahap. Jika memiliki dana, sebaiknya mengambil lisensi sekaligus. Namun jika dana terbatas, dapat diambil secara bertahap.

Lisensi dalam Pilot untuk Cepat Naik Pangkat

Pangkat dalam Pilot

Lisensi dalam pilot terdiri dari beberapa jenis, yang paling dasar disebut dengan PPL atau Private Pilot License. Pilot yang memiliki lisensi ini hanya diperbolehkan menerbangkan pesawat di siang hari, dan hanya untuk tujuan pribadi.

Selanjutnya, lisensi CPL atau Commercial Pilot License, yang memungkinkan pilot untuk menerbangkan pesawat komersial, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan lainnya. Namun, jarak tempuh masih dibatasi.

Selanjutnya adalah IR atau Instrument Rating, merupakan lisensi yang mengijinkan pilot untuk menerbangkan pesawat di siang maupun malam hari.

Selanjutnya adalah MER atau Multi Engine Rating. Lisensi ini dapat membuat pilot menerbangkan pesawat bermesin ganda. Pesawat jenis ini merupakan pesawat yang umum dalam maskapai penerbangan. Dimana, setiap pilot maskapai penerbangan pasti memiliki lisensi MER.

Supaya lebih mudah mendapatkan pekerjaan, disarankan untuk mengambil lisensi MER, karena peluang diterima bekerja di perusahaan penerbangan sangat besar. Perusahaan maskapai penerbangan akan mengutamakan pilot yang memiliki lisensi MER.

Karena dengan begitu, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sekolah bagi pilot yang belum memiliki lisensi MER.

Dengan bertambah lisensi, artinya jam terbang juga akan bertambah. Dengan demikian, pangkat akan cepat naik dan impian menjadi captain akan segera terwujud.

Naik Pangkat Berarti Naik Gaji

Naik Pangkat, berarti Naik Gaji

Benar adanya jika pilot memiliki gaji yang tinggi, bahkan ketika masih junior. Namun tentunya, ketika pangkat sudah captain, tentu gaji yang diperoleh akan semakin tinggi. Pangkat sangat berpengaruh terhadap penghasilan yang diterima oleh pilot.

Baca  Sekolah Penerbangan Bisa Jadi Pilihan Tepat!

Rata – rata kisaran gaji pilot di Indonesia mencapai Rp 40.000.000 – Rp 50.000.000 per bulan. Seperti contohnya gaji pilot Lion Air JT mencapai Rp 80.000.000 per bulan, dimana gaji pokoknya Rp 30.000.000 per bulan.

Apalagi maskapai perusahaan penerbangan yang lebih besar seperti Garuda Indonesia, yang tentunya menawarkan gaji lebih fantastis bagi pilotnya. Tentu angka yang fantastis, bukan?

Untuk pilot junior yang baru memperoleh lisensi, biasanya pendapatan berkisar Rp 30.000.000 per bulan. Untuk captain dengan maskapai bintang lima, bisa menerima Rp 100.000.000 – Rp 150.000.000 per bulan.

Oleh karena itu, penting untuk kamu naik pangkat dengan cepat, supaya penghasilan pun cepat meningkat. Selain itu, pilot juga memperoleh privilege berupa tiket untuk dirinya sendiri maupun keluarga. Baik tiket gratis atau potongan harga di bawah harga normal.

Takut Sekolah Pilot karena Biaya Mahal?

Cek Dulu Biaya Sekolah Pilot 2020 di Fliteline Aviation Indonesia. Banyak yang takut sekolah pilot karena biayanya mahal. Jika hanya dibayangkan, tentu akan terkesan mahal.

Tapi, sudah pernah coba menghitung dan mempertimbangkan?

Contohnya saja biaya sekolah pilot di Fliteline Aviation Indonesia. Biaya sekolah pilot 2020 di sini dapat dikatakan lebih murah dari sekolah pilot yang lain. Yaitu sekitar $50.000 (sekitar Rp 700.000.000) hingga $65.000 (sekitar 900 juta) dengan kurs Rp. 14.000,- per 1$.

Terlihat mahal? Tapi tunggu dulu!

Dengan biaya tersebut, kamu akan mendapatkan banyak fasilitas. Mulai dari fasilitas pendidikan, pelatihan, hingga biaya akomodasi, semua ditanggung sekolah. Termasuk juga biaya visa, lisensi, serta tempat tinggal.

Ingat, lisensi pilot terbilang mahal, jika semua sudah ditanggung oleh sekolah, tentu akan sangat murah, bukan?

Apalagi, mengingat gaji seorang pilot pun tinggi. Hanya tinggal menambah jam terbang, kamu bisa cepat naik pangkat dan penghasilanmu akan semakin tinggi.

Jadi jika diperhitungkan, tidak mahal, bukan?

Untuk biaya sekolah $50.000, kamu akan mendapatkan lisensi PPL, CPL, IR, dan Certified Flight Instructor.

Di Fiteline Aviation Indonesia, paket ini termasuk dalam paket pilot siap pakai, yang akan mendapatkan 210 jam terbang.

Pembayaran yang Fleksibel

Tunggu apa lagi? Kini meraih impian untuk menjadi pilot sangatlah terjangkau. Ingin keren seperti Kapten Vincent pun bukan lagi isapan jempol belaka. Kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp di 0895 6187 4128 untuk informasi lebih lanjut.

Atau bisa langsung datang di kantor kami yang berlokasi di Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia. Atau bisa juga buka link ini untuk mendaftar.

Leave a Comment

fliteline aviation indonesia
HUBUNGI KAMI
  • Lokasi

KANTOR : Jl. Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia

BASE : Fliteline Hangar, Plaridel Airport, Bulacan, Philipines

  • Kontak

Whatsapp : 0895 6187 41283

  • Email
Pembayaran
LISENSI
asuransi
asuransi
Copyright 2020 All rights Reserved. Developed By Sekolah Pilot Filipina
×