Pilot Wanita Indonesia, Siapa Bilang Tak Profesional?

Pilot Wanita Indonesia, Siapa Bilang Tak Profesional?

pilot wanita indonesia
Pilot wanita indonesia
Pilot Perempuan Indonesia

Siapa bilang pilot wanita indonesia tak bisa professional?

Profesi sebagai pilot wanita indonesia tentunya bukan perkara mudah. Hal ini karena seorang pilot cenderung menjadi pencaharian bagi pria Namun nyatanya saat ini ada banyak pilot wanita yang sukses menekuni pekerjaan sebagai pilot.

Lantas siapa bilang pilot wanita Indonesia tak bisa terlihat professional? Kali ini Kita akan membahas lebih jauh tentang pilot wanita Indonesia.

Namun, sebelum lebih jauh mengulasnya ada baiknya Kita mengetahui terlebih dahulu sejarah pilot cantik dalam penerbangan.

Bermula pada tahun 1784, perempuan disebut-sebut telah ikut berperan dalam dunia penerbangan.

Adalah  Élisabeth Thible yang pertama kali ikut serta dalam project penerbangan balon udara di atas kota Lyon, Prancis.

Empat tahun berikutnya, Jeanne Labrosse pun mengikuti jejak sejarah Élisabeth Thible.

Dirinya menjadi perempuan pertama yang terbang solo dengan menggunakan balon udara serta menjadi perempuan pertama yang melakkan terjung payung.

Tercatat pula dalam sejarah penerbangan French Raymonde de Laroche menjadi perempuan pertama yang memiliki lisensi penerbangan pada tahun 1910.

Dari sejarah di atas peran perempuan sebagai pilot tentunya bukan hanya dilakukan oleh perempuan modern saja yang saat ini sering kita temui dengan profesinya sebagai pilot.

Sejarah Pilot Wanita Indonesia

Di Indonesia sendiri memiliki Letnan Satu Lulu Sugiyanti yang menjadi pilot indonesia yang cantik pertama kali di Indonesia.

Sedangkan di bidang penerbangan komersil, ada Ida Fiqriah yang merupakan pilot perempuan maskapai garuda indonesia pertama.

Ida Fiqriah mampu menerbangkan pesawat Boeing B737-800 NG (narrow body aircraft) dan setidaknya telah keliling dunia bersama Garuda Indonesia. 

Pilot wanita indonesia
Pilot Indonesia yang cantik 

Fakta pilot perempuan

Menurut data International Society of Woman Airline Pilots, tercatat hanya ada sekitar 5,18% pilot perempuan di seluruh dunia.

Angka tersebut masih tergolong sangat kecil karena bias gender yang membuat budaya patriarki telah mengakar utamanya di Indonesia.

Hal tersebut membuat konstruksi sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang memandang perempuan hanya boleh berkecimpung di sektor domestik, tak terkecuali pandangan terhadap pilot wanita di Indonesia.

Baca  Pilot Ganteng Ini Digandrungi Banyak Netizen Loh!

Hasil dari konstruksi sosial tersebut, selanjutnya membuat perempuan dibatasi statusnya.

Perempuan sering kali tidak diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan pria.

Selain itu karena konstruksi sosial hal ini membuat perempuan tak diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakat serta kemampuan yang mereka miliki.

Salah satu contoh pandangan masyarakat adalah melihat bahwa pekerjaan seorang pilot perempuan membuat mereka menjadi jauh dari rumah dan keluarga. 

Pandangan tersebut tentunya tak sesuai dengan realitas saat ini.

Nyatanya pemerintah melalui Kementrian Perhubungan telah mengatur jam terbang pilot yang telah bergabung dengan maskapai penerbangan.

Pembatasan tersebut yakni maksimal 30 jam per minggu atau 110 jam per bulan.

Di luar jam kerja tersebut tentunya pilot masih memiliki waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Pilot wanita indonesia
Pailot Wanita Indonesia

Lantas apa yang membuat profesi pilot menarik bagi perempuan?

Di beberapa kasus untuk jenis profesi pilot lepas mereka memiliki jam kerja yang fleksibel.

As a result, seorang perempuan berprofesi sebagai pilot tentunya mereka akan bebas mengatur waktu kerja dan membagi waktu dengan keluarga.

Selain itu, profesi sebagai pilot juga dikenal dengan income atau pendapatan yang menarik bahkan untuk kamu yang hanya lulus sma pun saat ini banyak sekolah pilot yang menerima.

Seorang pilot perempuan setidaknya memiliki income yang sama dengan pilot pria.

Hal ini lah yang membuat pekerjaan sebagai pilot semakin menarik dan tentunya membuat kesan perempuan Indonesia yang keren.

Sama seperti pilot perempuan di luar negeri, pilot perempuan Indonesia pun memiliki kesempatan yang sama untuk dapat traveling atau keliling dunia lantaran pekerjaannya yang mobile.

Selain itu pekerjaan sebagai pilot pun memiliki tantangan tersendiri as a result, membuat wanita semakin terlihat keren dan tangguh.

Itu lah beberapa poin yang menjadi daya tarik profesi pilot perempuan Indonesia.

Ari Fuji – Pilot Perempuan

Kisah Ari Fuji – Kapten Pilot Pertama di Jepang

Budaya patriarki tak hanya terjadi di Indonesia. Hal tersebut hampir terjadi di kawasan asia terutama negara maju seperti Jepang sekalipun.

Profesi sebagai pilot adalah salah satu profesi yang dinilai hanya menjadi hak para pria sementara keberadaan pilot perempuan jarang sekali terdengar.

Namun ada satu kisah menarik yang dialami oleh Ari Fuji yang menjadi kapten pilot pertama di Jepang.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, Ari Fuji sempat mengalami kendala pada saat memenuhi syarat sekolah penerbangan sipil di Jepang. Hal tersebut membuat keadaan semakin sulit hingga akhirnya Ari Fuji tak menyerah dengan keadaan.

Baca  Gaji Pilot Garuda Kalahkan Gaji Presiden Wow!

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut selanjutnya Ari Fuji pun mencari peluang di luar negeri yakni dengan memilih Amerika Serikat untuk mendapatkan lisensi pilotnya.  

Setelah Ari Fuji mendapatkan lisensi pilotnya di Amerika, ia pun kembali ke Jepang untuk melamar menjadi pilot di maskapai penerbangan.

Namun, hal tersebut membuat dirinya menuai reaksi negatif utamanya dari rekan kerjanya.

Karir Ari Fuji pun dimulai dengan pelatihan di JAL Express yang merupakan anak perusahaan dari Japan Airlines. Hal tersebut membuat dirinya menorehkan sejarah di dunia penerbangan Jepang.

Pada tahun 2010 dirinya pun didapuk menjadi kapten maskapai penerbangan perempuan pertama di Jepang sekaligus menjadi salah satu pilot perempuan yang sukses .

Pilot perempuan indonesia

Kenapa pilot perempuan sangat sedikit?

Setelah Kamu membaca kisah sukses di atas, tentunya sering kali berfikir kenapa pilot perempuan sangat sedikit? Padahal kesempatan yang diberikan cenderung sama di dunia yang semakin modern ini. Even more, saat ini maskapai Garuda Indonesia telah memiliki beberapa pilot perempuan yang ditugaskan untuk menerbangkan pesawat baik domestik maupun international flight.

Salah satu pilot perempuan di Garuda Indonesia adalah Sarah Widyanti Kusuma yang hingga saat ini telah memiliki ribuan jam terbang dan menjadi salah satu pilot cantik yang namanya cukup terkenal. 

Menjawab pertanyaan tersebut British Airways melakukan penelitian dengan tujuan mencari tahu kenapa perempuan enggan memiliki profesi sebagai pilot.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa perempuan cenderung menangguhkan mimpinya menjadi pilot pesawat terbang karena kurangnya sosok panutan.

Hanya sebatas di kabin pesawat

Di lain sisi perempuan pun diminta untuk mempercayai budaya patriarki yang masih ada hingga saat ini bahwa profesi pilot pesawat terbang hanya untuk pria bulan untuk perempuan.

Peran perempuan disini pun lebih ditekankan hanya sebatas berada di kabin pesawat sebagai Flight Attendant. 

Namun menariknya dari hasil penelitian tersebut membuat British Airways dan Easyjet membuat kampanye agar banyak perempuan mencalonkan diri sebagai pilot.

Namun hal ini bukan tanpa kendala mengingat seorang pilot perempuan yang telah memiliki karir pun masih tetap mendapatkan berbagai tantangan.

Tantangan tersebut bukan perihal teknis namun lebih pada masalah kepercayaan orang terhadap kemampuan mereka.

Selain dari sisi eksternal, beberapa calon pilot pun sering kurang percaya diri.

Baca  Berapa Gaji Pilot? Ternyata Fantastis Banget Loh!

Cotohnya calon pilot wanita yang berhijab. Secara spesifikasi tak ada larangan secara spesifik yang menyebutkan bahwa pilot wanita berhijab dilarang menjadi pilot.

Oleh karenanya sebelum Kamu melamar sebagai pilot ada baiknya Kamu memilih sekolah penerbangan agar kompetensi Kamu dibidang penerbangan semakin mantab.

Di Fliteline Aviation pun Kami memiliki banyak siswi calon pilot wanita bahkan diantaranya telah sukses di maskapai luar negeri dan domestik seperti Lion Air  dan Garuda Indonesia.

pilot wanita indonesia
Pilot Wanita Berhijab Indonesia

Apa keuntungan sekolah di Fliteline Aviation?

Untuk Kamu calon pilot perempuan yang masih ragu memilih sekolah pilot, di Fliteline Kamu akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan pilot pria.

Di sini, Kamu akan mendapatkan sekolah penerbangan dengan regulasi Filipina yang tentunya mengacu pada regulasi penerbangan Amerika Serikat.

pilot perempuan
pilot perempuan alumni fliteline aviation indonesia

Selain itu setelah Kamu selesai mendapatkan pendidikan Kamu juga akan mendapatkan dua lisensi sekaligus.

Lisensi tersebut yakni lisensi dari Filipina yang dapat Kamu pergunakan di beberapa negara serta lisensi DGCA atau Directorate General of Civil Aviation untuk bergabung dengan maskapai di Indonesia dengan syarat konversi.

Bandingkan dengan beberapa sekolah tinggi penerbangan, salah satunya yakni STPI curug yang cenderung merupakan sekolah kedinasan.

Semula memang STPI curug banyak dikenal masyarakat karena disubsidi oleh pemerintah, namun saat ini siswa di STPI Curug tak lagi mendapatkan subsidi, sekolahnya pun semi-militer dan untuk dapat lulus pun seorang siswa setidaknya membutuhkan 2 hingga 3 tahun.

Di Fliteline Kamu cukup menghabiskan waktu 10 hingga 12 bulan saja dan langsung mendapatkan 2 lisensi sekaligus. 

Di sini, Kamu akan mendapatkan 2 lisensi sekaligus sebagaimana disebutkan pada artikel di atas.

Jadi apabila lisensi penerbangan DGCA Kamu di-suspend karena ada masalah, kamu masih tetap memiliki lisensi internasional yang dapat digunakan untuk terbang di luar Indonesia. 

Syarat Pendaftaran Siswi Pilot di Fliteline Apa Saja?

  • Usia minimal 17 tahun
  • Lulus sma
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bebas dari narkotika
  • Boleh berhijab

Itu dia syarat-syarat untuk bergabung dengan Kami. Mudah, bukan?

Selain Sarah Widyanti Kusuma, Athira Farina, Patricia Yora, hingga Soraya Syahnaz adalah beberapa nama-nama pilot indonesia yang cantik dan tentunya memiliki segudang pengalaman dan telah menjadi bintang tamu di berbagai stasiun televisi.

Jadi, untuk Kamu perempuan keren dan tangguh yang ingin bergabung dengan maskapai di Indonesia dan menjadi the next pilot perempuan yang mampu menerbangkan pesawat, jangan ragu untuk belajar bersama Kami.

Leave a Comment

fliteline aviation indonesia
HUBUNGI KAMI
  • Lokasi

KANTOR : Jl. Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia

BASE : Fliteline Hangar, Plaridel Airport, Bulacan, Philipines

  • Kontak

Whatsapp : 0895 6187 41283

  • Email
Pembayaran
LISENSI
asuransi
asuransi
Copyright 2020 All rights Reserved. Developed By Sekolah Pilot Filipina
×